Minggu, 22 Februari 2009

general knowledge

Hi frends…
Here I show you some generals knowledge in a question and answer.
I know it still too little, but I hope you can enjoy it…
God Bless You…

Mengapa bibir kita berwarna merah?
Bibir merupakan sebuah lapisan kulit yang tipis dan tembus pandang, sehingga kita dapat melihat pembuluh darah yang ada di bawahnya. Jadi, warna bibir semua orang adalah merah. Namun, pada penderita anemia yang kekurangan darah, memiliki bibir agak pucat, hal ini disebabkan sirkulasi darahnya tidak begitu baik. Ketika kekurangan oksigen atau dalam keadaan dingin, bibir akan berwarna keunguan. Selain itu, ketika badan sedang demam, bibri akan berubah menjadi merah gelap. Jadi melalui bibir, kita dapat mengetahui keadaan kesehatan seseorang.

Mengapa pangkal kuku kita seperti bulan sabit putih?
Kuku jari tangan dan jari kaki tidak akan berhenti tumbuh selam manusia itu hidup. Hal ini disebabkan adanya bulan sabit putih di pangkal kuku yang terus membelah karena belum menjadi zat tanduk. Jadi, jika tubuh kita sehat, kecepatan pertumbuhan kuku juga akan lebih cepat, bulan sabit dipangkalnya juga akan semakin besar. Sebenarnya kuku adalah jaringan kulit yang telah mengeras. Kuku tidak hanya dapat melindungi jari tangan dan jari kaki, tetapi juga dapat menambah kepekaan dan rabaan. Pangkal kuku jari tangan bisa memecah sel dan membuat kuku tumbuh sepanjang 0,1-0,5mm tiap harinya.

Mengapa rambut laki-laki mudah botak?
Penyebab utama kebotakan adalah pengaruh dari gen keturunan, sedangkan kehadiran gen tersebut dipengaruhi oleh dihasilkannya hormon laki-laki. Karenanya, penderita kebotakan pada laki-laki lebih banyak daripada perempuan (di dalam tubuh perempuan juga menghasilkan sedikit hormon laki-laki). Selain itu, strees, banyaknya tekanan atau kebiasaan makan dan minum serta faktor-faktor lainnya jugamemengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut. Apabila sangat parah, dapat mengakibatkan gejala kebotakan.


Mengapa bisa tumbuh uban?
Setiap orang rata-rata memiliki 100ribu helai rambut. Karena metabolisme tubuh, setiap hari rambut kita akan rontok secara alami sebanyak 100 helai lebih dan tumbuhlah rambut baru. Warna rambut berasal dari sel pigmen warna rambut yang dihasilkan pigmen hitam. Saat usia semakin tua, sel tadi juga akan semakin tua. Pigmen yang dihasilkan juga akan makin sedikit dan mucullah uban.

Bagaimana cara menghilangkan bau sepatu?
Arang dapat mengubah sifat asam dari suatu benda menjadi basa, sebab utamanya adalah karena 60% arang terdiri dari alkali. Alkali bisa meningkatkan keaktifan dan memurnikan udara sehingga dapat membunuh kuman dan membantu mejaga kesehatan tubuh. Sedangkan, tembaga bisa mengontrol pertumbuhan kuman. Maka jika uang logam dan arang disatukan, kemudian dimasukkan kedalam sepatu, cara ini dapat menghilangkan bau tak sedap.

Bagaimana cara membedahkan telur matang dan telur mentah?
Caranya sangat mudah. Kita hanya perlu memutar telr itu seperti memutar gasing. Karena sudah padat, telur yang sudah direbus akan sangat mudah berputar. Sebaliknya, karena bagian dalamnya masih bentuk cair, telur yang masih mentah akan terus-menerus bergerak sehingga sulit berputar dengan seimbang.
Apakah tikus memakan sabun?
Indra penciuman tikus sangat peka.Melalui penciumannya, ia bisa membedakan apakah suatu benda bias dimakan atau tidak. Terkadang kita bisa melihat tikus memakan sabun. Ini karena tikus sangat suka dengan sabun yang terbuat dari minyak kelapa atau minyak nabati lainnya. Jadi, tidak semua sabun bisa dimakan tikus. Sabun yang digunakan untuk mencuci baju dan mengandung campuran berbahaya tidak akan dimakan tikus.

Bagaimana cara menghilangkan noda minyak di baju?
Jika baju kita terkena noda minyak, sangat sulit untuk menghilangkannya dengan cara biasa. Tapi sebenarnya hanya dengan menggunakan setrika, kita dapat menghilangkannya dengan mudah. Terlebih dahulu letakkan kertas serap minyak atau kapas di tempat yang terkena noda minyak. Lalu setrikalah dengan temperature rendah sampai panas. Noda minyakpun akan secara alami berpindahke permukaan kapas.

Apakah kita harus minum oba dengan air putih?
Setiap jenis obat mempunyai sifat khususnya masing-masing. Jadi selain air putih, memakai minuman lain untuk minum obat bisa menurunkan khasiat obat. Contohnya didalam obat anemia terkandung zat besi. Bila diminum dengan teh, zat ‘tein’ yang dikandung teh dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh. Kola dan bir juga menghambat penyerapan tubuh terhadap obat. Karena itulah, jika minum obat lebih aman jika menggunakan air putih.

Bagaimana cara menghilangkan noda permen karet di baju?
Tidak perlu menusuk-nusuk dengan korek atau mencungkil-cungkil permen karet yang menempel di baju. Cukup gunakan kandungan permen karet untuk mengatasinya. Bahan utama karet adalah campuran karet. Sifat khasnya yaitu akan meleleh jika terkena panas. Oleh sebabitu, kita hanya perlu menaruh kertas Koran dan memanaskannya dengan setrika. Itu karena panas dari setrika dapat memlelehkan permen karet dan membuatnya menempel pada koran. Selain itu, dapat juga dengan cara menempelkan es batu pada permen karet yang menempel. Setelah peren karet membeku dan mengeras, kita dapat dengan mudah melepaskannya.

Bagaimana cara membersihkan coretan krayon?
Jika noda krayon mengotori tembok, akan sulit membersihkannya hanya dengan air. Meskipun bias menggunakan pelarut untuk menghapusnya, sebenarnya ada cara lain yang lebih ampuh. Gunakan kain lembut yang telah dioleskan pasta gigi, atau langsung oleskan pasta gigi pada noda krayon di tembok , kemudian gosok pelan-pelan. Cara ini tidak hanya bisa membersihkan, tapi juga tidak akan merusak permukaan benda.

3 komentar:

Bryantz_A mengatakan...

KreN BgT!!!

MdaH Mdhan Bs Nambah PgetHUan!!!

Aci_bryant08

WELCOME TO MY SWEET HOME mengatakan...

ttg bibir nih;
1. artinya slain tuk mempercantik diri teryanta lipstik bs jg ya tuk menutupi gejala psikologis kita, iyokhan?
2. e..sering g pake lipstik, trus klo pake tuk t7an yg mana nich?
3. klo laki2 mo nutipin gejala psikologisnya gmn donk caranya, apa harus pake lipstik jg?

WELCOME TO MY SWEET HOME mengatakan...

ttg bibir nich;
gmn klo laki2 mo menyembunyikan gejala psikologisnya harus pake lipstik jg?

slide show

wibiya widget