Minggu, 10 Juni 2012

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SI/TI


A.   TEKNOLOGI
Tidak ada yang dapat menahan lajunya perkembangan teknologi informasi. Keberadaannya telah menghilangkan garis-garis batas antar negara dalam hal flow of information. Tidak ada negara yang mampu untuk mencegah mengalirnya informasi dari atau ke luar negara lain, karena batasan antara negara tidak dikenal dalam virtual world of computer. Penerapan teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Internet, Ekstranet, semakin hari semakin merata dan membudaya di masyarakat. Terbukti sangat sulit untuk menentukan perangkat hukum yang sesuai dan terbukti efektif untuk menangkal segala hal yang berhubungan dengan penciptaan dan aliran informasi. Perusahaan-perusahaan pun sudah tidak terikat pada batasan fisik lagi. Melalui virtual world of computer, seseorang dapat mencari pelanggan di seluruh lapisan masyarakat dunia yang terhubung dengan jaringan internet. Sulit untuk dihitung besarnya uang atau investasi yang mengalir bebas melalui jaringan internet. Transaksi-transaksi perdagangan dapat dengan mudah dilakukan di cyberspace melalui electronic transaction dengan mempergunakan electronic money.
Secara operasional, tentu saja fenomena ini sangat menyulitkan para praktisi teknologi informasi dalam menyusun sistemnya. Tidak jarang di tengah-tengah konstruksi sistem informasi, terjadi perubahan kebutuhan sehingga harus diadakan analisa ulang terhadap sistem yang akan dibangun. Dengan mencermati keadaan ini, jelas terlihat kebutuhan baru akan teknologi informasi yang cocok untuk perusahaan, yaitu teknologi yang mampu adaptif terhadap perubahan. Adapun teknologi ini dapat dibagi yakni :
1.     Teknologi Internal
Teknologi internal adalah komponen-komponen pendukung perusahaan yang dalam hal ini sebagai penyedia informasi yang dibutuhkan manajemen dalam melakukan aktivitas bisnis sehari-hari. Contohnya Hardware, Software, Aplikasi dan infrastruktur. Pada tahap ini akan dianalisa kondisi SI/TI saat ini yang digunakan dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan adalah :
-         Struktur organisasi SI/TI dan sumber daya  struktur organisasi dan sumberdaya yang dimiliki, dalam hal ini SDM.
-         Portofolio aplikasi sekarang .  Aplikasi yang telah dimiliki perusahaan dimasukkan kedalam portofolio yang berguna  untuk mengetahui kondisi SI/TI pada perusahaan sekarang ini.
-         Analisa proses bisnis Pemetaan proses bisnis kedalam suatu model yang menggambarkan arus informasi  yang terjadi dalam kegiatan bisnis perusahaan.
-         Infrastruktur SI/TI (Hardware, Software, Network, termasuk diantaranya aplikasi keuangan, dsb)

2.    Teknologi Eksternal
Sistem informasi eksternal adalah komponen-komponen teknologi diluar  perusahaan/organisasi itu sendiri yang dalam hal ini sebagai penyedia informasi yang dibutuhkan manajemen dalam melakukan aktivitas bisnis.Teknologi eksternal memiliki faktor seperti ilmu pengetahuan, dan teknologi yang berkembang dalam lingkungan eksternal organisasi. Tahap ini mengidentifikasi perkembangan teknologi SI/TI terkini dan trend kedepan.  Analisa lingkungan teknologi  eksternal SI/TI dilakukan untuk memperoleh      gambaran tentang perkembangan aplikasi SI dan implementasinya. Dari gambaran tersebut akan ditentukan berbagai tren SI/TI yang berpeluang untuk dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dari organisasi tersebut. Tren teknologi ini menjadi dasar pengembangan infrastruktur TI ke depan. Selain itu juga menganalisa teknologi yang sedang dipakai oleh pelanggan, pemasok, dan pesaing serta peluang penggunaan teknologi untuk keunggulan dimasa mendatang.  

B.    BISNIS
Tidak jarang perusahaan yang akhirnya harus mendefinisikan kembali visi dan misi bisnisnya, terutama yang bergelut di bidang pemberian jasa. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan perangkat canggih teknologi informasi telah merubah mindset manajemen perusahaan sehingga tidak jarang terjadi perusahaan yang banting stir menggeluti bidang lain. Bagi negara dunia ketiga atau yang sedang berkembang, dilema mengenai pemanfaatan teknologi informasi amat terasa. Di suatu sisi banyak perusahaan yang belum siap karena struktur budaya atau SDM-nya, sementara di pihak lain investasi besar harus dikeluarkan untuk membeli perangkat teknologi informasi. Tidak memiliki teknologi informasi, berarti tidak dapat bersaing dengan perusahaan multi nasional lainnya, alias harus gulung tikar.
Hal terakhir yang paling memusingkan kepala manajemen adalah kenyataan bahwa lingkungan bisnis yang ada pada saat ini sedemikian seringnya berubah dan dinamis. Perubahan yang terjadi tidak hanya sebagai dampak kompetisi yang sedemikian ketat, namun karena adanya faktor-faktor external lain seperti politik (demokrasi), ekonomi (krisis), sosial budaya (reformasi), yang secara tidak langsung menghasilkan kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan baru yang harus ditaati perusahaan. Adapun bisnis dapat dibagi menjadi :
1.     Bisnis Internal
Bisnis internal merupakan komponen-komponen yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan, seperti infrastruktur (asset), struktur organisasi, proses, sumber daya manusia, budaya perusahaan (corporate culture), dan lain sebagainya. Sering kali dianalisis dengan menggunakan pendekatan SWOT, Analisa Value Chain. Analisa value chain digunakan untuk memetakan seluruh proses kerja yang terjadi dalam lingkungan organisasi. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat aktivitas kerja yang terjadi pada perusahaan. Indikator analisa ini terbagi dalam kegiatan utama (Informasi Pasar; Pemasaran dan Penjualan;  Manajemen resiko;  Penyelesaian; Layanan purna jual )  dan kegiatan pendukung (Keuangan dan akuntansi ; Kepegawaian;  Dukungan TI)

2.    Bisnis Eksternal
Analisa dilakukan terhadap faktor-faktor di luar perusahaan yang dapat mempengaruhi strategi perusahaan. Contoh
1.     perusahaan-perusahaan lain : (baik para pesaing atau rekanan perusahaan) yang memiliki komponen bisnis dan sistem informasinya masing-masing.
2.    pemerintah (sebagai penyusun kebijakan-kebijakan/policy dan peraturan)
3.    pasar(market)
4.    pelanggan
5.    perangkat hukum, dan lain sebagainya.
6.    persaingan, industri, ekonomi secara keseluruhan

0 komentar:

slide show

Loading...

wibiya widget