Senin, 29 Agustus 2011

Coklat cinta


Byuset dah gak da angin gak ada hujan,, tiba2 Luna dikagetkan dengan sebuah paket.. Rupanya paketnya dari bapak, setelah isinya dibuka, ternyata coklat disertai tulisan “selamat ujian y nak, baik-baik belajarnya, jangan nakal”

#Syokk.. aslilah emank si bapak paling pengertian.. Si bapak tahu stress Luna suka makan coklat, n momennya lagi tepat saat uang bulanan Luna hampir sekarat.. Si bapak udah tahu kebutuhan anaknya tanpa si Luna bilang.

Kriman coklat ini membuat Luna makin homesicklah.. Ia bener2 kangen ama bapak.. terutama ama teh manis anget buatan bapak yang selalu menemaninya belajar.. Air mata Luna langsung bercucuran, ia menyesal udah benci sama bapaknya selama ini.

Mungkin dalam pandangan orang hubungan Luna dan bapaknya baik2 aja, segala berjalan normal layaknya sebuah keluarga bahagia. Namun apa yg sebenarnya terjadi dalam keluarga itu tidak ada yang tau.

Bapak Luna tuh orang stress, suka marah2, n apa aja klo udah brurusan bapak si Luna pasti jadi ribet sekalipun itu hal yang pling gampang.. Udah lama Luna tak tahan tinggal dirumah, Ia pengen jauh dari rumah, pergi dari khidupan yang pnuh aturan, n dari suara2 gede si bapak maupun barang2 yg dihancurinnya.. Bahkan salah satu motivasi belajar Luna adalah biar ia bisa kuliah sejauh mungkin dan pergi dari rumah sejauh mungkin..
Luna nyesel banget, apalagi klo ingat hal2 yang suka buat Luna marah ama si bapak,

Waktu smp Luna kadang malu sama temen, walaupun udah bisa bawa motor, tapi tetep diikutin ama bapak dari belakang.
Luna sebel, sama aja boong gak d kasi motor, toh ttp nunggu jg, apalg c bapak selalu telat.. Luna juga kadang suka gengsi dibilang anak papi. Baginya ini mungkin ini hal sepele dan lebay, tapi bagi bapak ini mgkin resiko paling berat dalam hidupnya. Membiarkan Luna mengendarai sendiri tanpa diawasi sama aja mengantarkannya pada maut, Bapak gak mau ninggalin Luna, walau dari belakang dia akan tetap menjaganya.

Beberapa bulan kmudian Luna udah di bebasin bawa motor sendiri k sekolah, tp diksi syarat “kalau udah nyampe sms ya nak. “.. Hari itu Luna lupa sms, n what happen ia disuruh pulang ama bapak, n habislah ia di hajar n gak di kasi motor sminggu.
Baginya mungkin terlalu sepele, hanya karena gak krim sms ia hrus dpet cambukan n gak d kasi motor.. Tapi bagi bapak sms dari Luna sngat berarti,, dia udah deg-degan mikirin anaknya yg gak tau d untung Itu.. mikirin dia masih hdup ato sudah mati..

Luna juga ingat waktu itu adek kecilny Momo lagi main2in bendera, aslilah satu rumah kena marah ama si bapak termasuk Momo, n mulailah dia berkomat-kamit tentang sejarah .. ya elah itu khan anak kecil, mana ngerti gituan, dimarahin pulak.. Dalam hati Luna berpikir “emank lebih penting bendera itu di banding anakmu? Smpe tega dimarahin anak kecilnya” eh, tiba2 si bapak bilang “Bahkan bendera ini lebih penting dari kalian” #syokk.. -.-
Mungkin bagi Luna itu hal sepele n itu buat dia makin benci ama bapak, tapi bagi Bapak yang emank seorang abdi negara, pengabdian pada negara lebih penting dari segalanya. Tapi dari hal itulah Luna belajar untuk mencintai Negara dan mengabdi dengan penuh pada Negara.

Luna juga paling benci kalo si bapak minta tolong di buatin laporan bulanannya, msalahnya si bapak tuh salah koma aja di marahi, ampe di maki-makiLah.. “bodoh kau”.. sapa yg gak jengkel coba, udah d bantuin eh malah banyak bacot n maki2..-.- Bagi Luna mungkin ini adalah hal sepele,, tapi dr hal iniLah Luna belajar lebih teliti.

Luna ingat waktu nasi buatannya gosong, ia gak diijinin masuk rumah ampe jam 12 malam, di lihatin ama tetangga, kedinginan, n digigit nyamuk. Ya elah, bagi Luna mungkin sepelelah hanya karena nasi gosong, tapi si bapak udah mikir, kalau si Luna gak bisa masak, bisa2 diceraikan dia ama suaminya nanti.. ribetlah..

Luna ingat waktu adeknya si Mona disuruh makan sabun hanya karena kamar mandinya gak bersih. Sumpah ini hari yang paling buat Luna benci ama bapaknya, “udah gile kali y tuh orang?” Karena hal sepele, karena kamar mandi gak bersih di suruh makan sabun?? Mungkin spele bagi Luna, tapi emank c kebersihan harus selalu dijaga.

Luna juga paling sebel kalau ngomong ama si bapak, ngomongnya kasar n sukak nyakitin hati. Makanya selama liburan yang dilakuin Luna hanya mengunci diri dalam kamar, mnyibukkan diri ntah dengan OL ato nonton. Daripada nambah2 dosa ikut marah2 dalam hati.

Suka kasian si Luna liat mamanya, bisa ya menghabiskan seluruh masa hidupnya dengan orang yang suka marah, menggerutu, nyebelin, sok berkuasa kayak bapak?? Apa yang di bilang bapak harus dilakuin meskipun itu salah. Cape’ deh... -.- kalo Luna mah mungkin udah minta cerai dari dulu. Tapi salut liat kesabaran mama. Sering nanya ke mama “Koq bisa sih masih b’tahan ama bapak? Cerai aja mak, toh mama juga punya kerjaan, bisalah hidupin kami, biar sedehana asal bahagia hidup kita mak, gak usah denger orang marah2 lg, gak kuat”, n mama pasti sllu jawab “orang Kristen khan gak boleh cerai kecuali zinah, jadi mama bertahanlah sama bapakmu, yang penting dia gak main perempuan lain. Mama cinta ama bapakmu jadi mama juga harus cinta ama dia bagaimanapun kondisinya bagaimanapun sifatnya termsuk yang suka marah2 itu. Gak ada orang yang sempurna di dunia ini, tugas kita saling melengkapi. Bapak baik koq, dia sayang ama kita semua, cuman caranya aja yang salah” #akh,, jadi kangen mama juga si Luna..

Bener yang dibilang mama, bapak baik koq, selama ini Luna gak bisa menyadari karena cinta yang ada dikalahkan dengan banyaknya kebencian melalui hal kecil yang tertumpuk di hati Luna sama bapak. Hari ini, sepaket coklat menghapus semua kebencian di hati. Sepaket coklat membuka mata hati Luna. Coklat, mungkin sekilas terlihat jelek di banding dengan makanan berwarna lainny.. tapi coklat, bagaimanapun bentuknya luarnya, di dalam akan terasa manis.. Dan cinta bapak itu seperti coklat, walaupun semua terlihat myebalkan, selalu ada hal manis didalamnya.. :D

0 komentar:

slide show

Loading...

wibiya widget